Skip to main content

Belajar Dari Tukang Pangkas Rambut


Seperti biasa saya punya kebiasaan memangkas rambut sekali sebulan dan kali ini karena kesibukan udah lewat satu bulan belum dipotong,  rambut udah gak karuan. Kebetulan hari ini saya bebas tugas kerja jadi bisa ke tempat pangkas rambut langganan. Lihat jam tepat jam 11 siang saya bergegas berangkat mengendarai sepeda motor  kesayangan dan sampai ditempat tujuan. Didalam ada seorang bapak sedang dipotong rambut dan seorang anak kecil duduk dikursi tunggu, saya segera masuk dan menyapa sang pemangkas rambut yang biasa saya panggil “uda” karena beliau berasal dari Sumatera Barat.
Tak berapa lama selesai sang bapak dirapikan rambutnya dan digantikan anak berpakaian SD yang tadi duduk yang ternyata adalah anak bapak tersebut. Saya masih duduk dikursi tunggu sambil mengecek akun sosmed kalau ada info dari temen temen bisnis saya. Bersamaan dengan si anak duduk dikursi pangkas rambut datang seorang pelanggan lagi tapi buru buru si Uda menyambut dipintu dan mengatakan “tutup pak udah ada yang nunggu saya mau ke masjid” , bagi saya ini hal yang tidak mengejutkan karena saya tahu betul kalo Uda ini orang yang taat beribadah karena sudah lama saya berlangganan. Tak lama datang beberapa konsumen dan lagi sang Uda mengatakan hal yang sama dan bahkan menunjukkan tempat pangkas rambut  lain yang mungkin bisa dikunjungi oleh pelanggan tersebut.  Tiba giliran saya, seperti biasa tanpa bertanya si Uda sudah tahu kebiasaan saya potong rambut dan dengan cekatan beliau memangkas rambut saya dan seperti biasa diselingi dengan obrolan ringan seputar keadaaan kota dan lain – lain. Disela obrolan saya menyinggung maslah kebiasaan Uda menutup usahanya setiap waktu sholat datang dan dia menceritakan kebiasaan untuk tidak meninggalkan sholat 5 waktu dan sholat jum’at sejak masih remaja dan kini beliau tularkan kepada anak – anaknya. “Apa yang bisa kita buat didunia ini ya Cuma sholatlah yang bisa menyelamatkan kita bang” begitu ungkapnya.

Banyak kita melihat orang sukses tapi tak banyak yang seperti  uda yang rela menutup usaha demi menunaikan ibadahnya dengan keyakinan bahwa  rizki adalah pemberian Allah yang tidak perlu diragukan kedatangannya. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi kita semua. CIK

Popular posts from this blog

Mengenal Yamaha GTS 1000 The Real Show Off Bike

     GTS 1000 adalah motor turing yang dapat dikatakan paling menonjol dizamannya, hal ini dikarenakan GTS 1000 merupakan motor pertama yang  menggunakan Teknologi Forkless,

Motor Legend Indonesia Part 1 "Honda Tiger"

Kali ini CikUdin akan membahas sepeda motor yang menjadi legenda di Indonesia, salah satu yang paling melegenda di Indonesia (bukan Honda Legenda) adalah Honda Tiger. Sepeda motor satu ini telah dihentikan masa produksinya setelah mengalami kemerosotan penjualan akibat gempuran produk baru dari kompetitor, katakanlah kelahiran motor generasi baru seperti Yamaha Vixion telah menjadi penyumbang terbesar faktor dihentikannya produksi Tiger yang kala itu telah memasuki usia hampir 20 tahun dari rentang 1993  hingga 2012, meski bermain dikelas yang berbeda tapi kehadiran mesin- mesin baru dikelas 150 cc dan 250 cc dengan fitur modern merupakan pukulan keras bagi Tiger. Pada awal lahir Tiger 2000 adalah motor cruiser paling disukai dan diidolakan, gebrakan luar biasa Honda dimasa itu, hadir dengan mesin terbesar dikelasnya dengan tampilan gagah dan kenyamanan luar biasa. Tak heran bermunculan klub-klub motor dengan basis Honda Tiger hampir deseluruh antero Nusantara.  Tiger di

Kartun ngetop 80an "Silver Hawk"

Serial Silver Hawk  (gambar Google) Tahun 80an hingga 90an merupakan tahun yang menyenangkan bagi anak-anak begitulah ungkapan dari banyak orang, hal ini bukan tanpa alasan karena dimasa ini anak- anak dimanjakan dengan acara televisi yang memang diperuntukkan untuk mereka dan jam tayang yang tidak mengganggu jam belajar atau mengganggu jam untuk mengaji bagi anak-anak muslim. Dari sekian banyak acara televisi anak yang populer yang paling ditunggu pastinya adalah serial kartun, salah satu yang paling ditunggu adalah serial kartun Elang Perak atau Silver Hawk. Anggota dari SilverHawk adalah Quicksilver (yang nama aslinya dulu adalah Jonathan Quick), Bluegrass, Steelheart (Emily Hart), Steelwill (Will Hart), dan Copper Kidd, juga tentunya komandan Stargazer. Bergabung kemudian anggota tambahan; Hotwing, Flashback, Moonstryker, dan Condor. Silver Hawk (gambar : HDwallpaper) Setiap anggota SilverHawk memiliki burung cyborg untuk membantu mereka, Tally Hawk (milik Quic