Skip to main content

Strategi Yamaha bernuansa AHM

Melihat perkembangan Persaingan pasar otomotif nasional terutama roda dua, tidak akan jauh dari dua pabrikan besar Yamaha dan Honda. Dan yang sedang hangat dibicarakan adalah persaingan keduanya ditahta motor sport mid class yaitu 150 cc. Taktik jitu honda menelurkan versa ternyata tidak direspon sigap oleh Yamaha hal ini terlihat dari terawangan para sesepuh dunia blog yang mengatakan kemungkinan besar Yamaha tidak akan mengeluarkan produk serupa.
Seandainya Yamaha mau bersaing dengan Honda dikelas motor sport murah sebenarnya masih sangat mungkin, Yamaha bisa menerapkan sistem satu mesin banyak tipe seperti pada matic dan bebek, dan jika hendak nyemplung sebaiknya tidak dikelas yang sama tapi derentang harga yang sama. Yamaha punya NJMX yang bisa dicomot mesinnya untuk sport murah dengan spek yang dimiliki layak rasanya. Yang perlu dilakukan adalah menyulap NJMX menjadi sport murni 135 cc injeksi, liquid cooler, spido digital, monoshock, full fairing, selain bisa membendung versa juga sekalian menahan FU 150 cc milik Suzuki mengingat konsumen Fu rata-rata anak muda atau remaja begitu juga versa walau diperuntukkan sebagai motor havy duty tapi kenyataannya dijalan yang menggunakan adalah remaja yang pengen motor sport tapi dana terbatas. Selain itu Yamaha juga bisa mengeluarkan sport tipe trail dengan basis mesin sama, yang perlu diingat adalah power bukan segalanya tapi bisa ditutupi dengan penampilan yang ciamik. Bila skenario diatas dijalankan maka Yamaha sudah mengikuti gaya AHM yang suka sistem jepit atas bawah karena jika benar YIMM berojolin 250 cc dan 150 cc fairing dan ditambah 135 cc full fairing dibawah artinya justru Honda yang bakal kejepit atau jika CBSF keluar versi fairing berarti akan terjadi head to head tiap kelas sport, opo ora mumet? tapi opo yo Yamaha berani?

Popular posts from this blog

Mengenal Yamaha GTS 1000 The Real Show Off Bike

     GTS 1000 adalah motor turing yang dapat dikatakan paling menonjol dizamannya, hal ini dikarenakan GTS 1000 merupakan motor pertama yang  menggunakan Teknologi Forkless,

Belajar Dari Tukang Pangkas Rambut

Seperti biasa saya punya kebiasaan memangkas rambut sekali sebulan dan kali ini karena kesibukan udah lewat satu bulan belum dipotong,  rambut udah gak karuan. Kebetulan hari ini saya bebas tugas kerja jadi bisa ke tempat pangkas rambut langganan. Lihat jam tepat jam 11 siang saya bergegas berangkat mengendarai sepeda motor  kesayangan dan sampai ditempat tujuan. Didalam ada seorang bapak sedang dipotong rambut dan seorang anak kecil duduk dikursi tunggu, saya segera masuk dan menyapa sang pemangkas rambut yang biasa saya panggil “uda” karena beliau berasal dari Sumatera Barat.

Motor Legend Indonesia Part 1 "Honda Tiger"

Kali ini CikUdin akan membahas sepeda motor yang menjadi legenda di Indonesia, salah satu yang paling melegenda di Indonesia (bukan Honda Legenda) adalah Honda Tiger. Sepeda motor satu ini telah dihentikan masa produksinya setelah mengalami kemerosotan penjualan akibat gempuran produk baru dari kompetitor, katakanlah kelahiran motor generasi baru seperti Yamaha Vixion telah menjadi penyumbang terbesar faktor dihentikannya produksi Tiger yang kala itu telah memasuki usia hampir 20 tahun dari rentang 1993  hingga 2012, meski bermain dikelas yang berbeda tapi kehadiran mesin- mesin baru dikelas 150 cc dan 250 cc dengan fitur modern merupakan pukulan keras bagi Tiger. Pada awal lahir Tiger 2000 adalah motor cruiser paling disukai dan diidolakan, gebrakan luar biasa Honda dimasa itu, hadir dengan mesin terbesar dikelasnya dengan tampilan gagah dan kenyamanan luar biasa. Tak heran bermunculan klub-klub motor dengan basis Honda Tiger hampir deseluruh antero Nusantara.  ...