Skip to main content

Benarkah Sonic Nyontek Fu?



Sonic nyontek FU?
Beberapa minggu terakhir dunia otomotif  dalam negri disibukkan dengan peluncuran gacoan baru sport Honda CB150R dan Sonic 150, banyak suara sanjungan tanda kepuasan namun tak sedikit yang mengkritik tajam terhadap produk baru AHM ini, cibiran yang sering didengar adalah plagiat atau nyontek kompetitor. Nah kali ini saya akan membawa kita kebeberapa tahun kebelakang khususnya membicarakan varian bebek ayam jago yang dulu tenar dengan julukan ayago, benarkah Sonic nyontek FU atau sebaliknya? berikut beberapa bebek ayago dari masa lalu.

1. Suzuki Sprinter
Lahir tahun 1988 sebagai pendobrak tren sepeda motor bebek ayago pertama ditanah air mengusung mesin 2 tak dengan basis RC 100 series mampu berlari hingga 110 kpj, lumayan kencang untuk ukuran sepeda motor 100 cc, target Sprinter adalah untuk menghadapi pesaing dekatnya Yamaha Alfa dan Sprinter berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

2. Yamaha Champ
Dengan lahirnya Sprinter dan mampu menghancurkan dominasi Alfa ternyata Yamaha gerah juga dan melahirkan pesaing yang seimbang Yamaha Champ tahun 1989 dengan model yang setipe yakni bebek ayago guna menghadapi Sprinter dan hasilnya tak sia - sia Champ berhasil menumbangkan Sprinter dipenjualan dan di balap nasional, dengan basis mesin alfa 105 cc mampu ngacir hingga 110kpj dan sudah mengaplikasikan diskbrake.

3. Honda Tena
Lahir era 85an dengan mesin 2 tak 105cc di Thailand, jika pesaing pesaing berakhir maka tena mendapat penyegaran, upgrade mesin ke 110 cc hingga 125 cc, memiliki fitur yang mewah untuk zamannya, sayang seingat saya pabrikan Honda di Indonesia tidak pernah memproduksi motor ini, jika ada maka merupakan impor dari Thailand.



4. Yamaha Tiara 120s
Para penggila bebek kencang pasti kenal motor ayago satu ini masuk Indonesia dengan predikat CBU dari Malaysia tahun 2000, dengan desain eksotis dan power yang besar 17 ps mampu ngacir 0-100 kpj cuma 7,5 detik sayang regulasi IMI memupuskan rencana YMKI menerjunkan ke ajang kejurnas dan krisis moneter kala itu memaksa Tiara jadi penunggu gudang

5. Kawasaki Leo
Leo lahir 1997 senasib dengan Tiara yang tergerus krisis moneter kabarnya versi spesialnya mampu memuntahkan 22ps dari standar 17,2ps



6. Cagiva Stella
Inilah legenda ayago yang sebenarnya, dengan desain Eropa Stella merupakan ayago terkencang sepanjang masa. kabarnya versi Racing mampu memuntahkan power 32ps dan 200kpj, wajar saja standar saja sudah 23ps dan mampu ngibrit hingga 160kpj, jelas lawan yang tak seimbang untuk ayago lain termasuk Nova Dash  pesaing terdekatnya bahkan kabarnya motor batangan 150cc sekelas Ninja, NSR dan TZM pun bisa dipermalukan ayago satu ini.

7. Honda Nova Dash
Merupakan penyempurnaan dari Tena tapi malah dikenal sebagai baby NSR SP, memiliki power 22ps mampu ngacir hingga 140 kpj dengan mudah.

8. Suzuki RK cool
RK cool bisa dikatakan ayago termuda dengan mesin 2 Tak, rentang hidupnya 2002 - 2004 dengan kapasitas mesin 110cc menjadi penutup kejayaan ayago 2 tak.

9. Honda Sonic
Gacoan Honda berikutnya adalah Sonic 125 yang merupakan generasi Nova yang sudah mengusung mesin 4tak dan mampu ngacir hingga 130an kpj, 

10. Suzuki Raider 125 - Fu 150
Rk cool punya kembaran yang bermesin 4 tak 125 cc yaitu raider 125 yang kemudian bertransformasi menjadi Satri dan kini dikenal dengan nama FU150

11. Kawasaki Atlete
Meski model ayago Atlete sulit bersaing dikarenakan mengusung mesin yang masih rebahan dan tenggelam oleh pamor FU150.

Nah dari cerita diatas ternyata ayago pertama Honda Nova dan Suzuki Sprinter yang pertama didalam negri, jadi siapa nyontek siapa? rasanya masing - masing punya sejarah kuat, mosok nyontek.



Popular posts from this blog

Mengenal Yamaha GTS 1000 The Real Show Off Bike

     GTS 1000 adalah motor turing yang dapat dikatakan paling menonjol dizamannya, hal ini dikarenakan GTS 1000 merupakan motor pertama yang  menggunakan Teknologi Forkless,

Motor Legend Indonesia Part 1 "Honda Tiger"

Kali ini CikUdin akan membahas sepeda motor yang menjadi legenda di Indonesia, salah satu yang paling melegenda di Indonesia (bukan Honda Legenda) adalah Honda Tiger. Sepeda motor satu ini telah dihentikan masa produksinya setelah mengalami kemerosotan penjualan akibat gempuran produk baru dari kompetitor, katakanlah kelahiran motor generasi baru seperti Yamaha Vixion telah menjadi penyumbang terbesar faktor dihentikannya produksi Tiger yang kala itu telah memasuki usia hampir 20 tahun dari rentang 1993  hingga 2012, meski bermain dikelas yang berbeda tapi kehadiran mesin- mesin baru dikelas 150 cc dan 250 cc dengan fitur modern merupakan pukulan keras bagi Tiger. Pada awal lahir Tiger 2000 adalah motor cruiser paling disukai dan diidolakan, gebrakan luar biasa Honda dimasa itu, hadir dengan mesin terbesar dikelasnya dengan tampilan gagah dan kenyamanan luar biasa. Tak heran bermunculan klub-klub motor dengan basis Honda Tiger hampir deseluruh antero Nusantara.  Tiger di

Kartun ngetop 80an "Silver Hawk"

Serial Silver Hawk  (gambar Google) Tahun 80an hingga 90an merupakan tahun yang menyenangkan bagi anak-anak begitulah ungkapan dari banyak orang, hal ini bukan tanpa alasan karena dimasa ini anak- anak dimanjakan dengan acara televisi yang memang diperuntukkan untuk mereka dan jam tayang yang tidak mengganggu jam belajar atau mengganggu jam untuk mengaji bagi anak-anak muslim. Dari sekian banyak acara televisi anak yang populer yang paling ditunggu pastinya adalah serial kartun, salah satu yang paling ditunggu adalah serial kartun Elang Perak atau Silver Hawk. Anggota dari SilverHawk adalah Quicksilver (yang nama aslinya dulu adalah Jonathan Quick), Bluegrass, Steelheart (Emily Hart), Steelwill (Will Hart), dan Copper Kidd, juga tentunya komandan Stargazer. Bergabung kemudian anggota tambahan; Hotwing, Flashback, Moonstryker, dan Condor. Silver Hawk (gambar : HDwallpaper) Setiap anggota SilverHawk memiliki burung cyborg untuk membantu mereka, Tally Hawk (milik Quic